Berikut syarat dan ketentuan open trip, private trip, dan group tour Smiletrip, berlaku untuk destinasi domestik dan internasional.

Tiket Pesawat

1. Bagasi kabin maksimal 7 kg, kecuali paket yang include bagasi (berbeda-beda tiap negara, destinasi, dan maskapai yang digunakan).
2. Pembelian bagasi tambahan hanya dilayani pada saat booking.
3. Bagasi yang sudah di issued tidak bisa dibatalkan, ditambah, maupun dikurangi.
4. Biaya kelebihan bagasi pada saat di counter check-in menjadi tanggung jawab peserta masing-masing.

5. Smiletrip memilih maskapai, jam, dan rute berdasarkan ketersediaan seat dan harga termurah pada saat booking.
6. Jam penerbangan dan maskapai masih bisa berubah dengan pemberitahuan.
7. Limit atas tiket pesawat berbeda tiap destinasi. Apabila harga tiket pada saat booking melebihi limit, maka biaya selisih harga dibebankan kepada peserta. Selisih biaya akan kami infokan ke peserta sebelum proses issued atau cetak tiket pesawat.
8. Tiket yang sudah di issued dan dikirim ke peserta sifatnya no refund, no reschedule, tidak bisa tambah bagasi, dan tidak bisa ganti nama.
9. Smiletrip tidak melayani pembelian makanan di pesawat dan pemilihan kursi.
10. Setelah menerima tiket pesawat, peserta harus melakukan web check-in sendiri sesuai jam dan jadwal penerbangan.
11. Peserta yang gabung dari kota selain Jakarta (misal: Surabaya, Medan, Bali) tetap bisa join trip ini dengan penyesuaian harga dan jam penerbangan.

Delay, Reschedule, dan Pembatalan Penerbangan oleh Maskapai

Smiletrip sebagai pihak travel agent hanya membantu proses booking tiket dan bagasi pesawat sesuai paket trip dan persetujuan di awal atau pada saat booking.

Apabila di kemudian hari, baik sebelum trip maupun pada saat trip berlangsung, terjadi perubahan penerbangan (change flight), perubahan jadwal (reschedule), delay, dan pembatalan penerbangan oleh maskapai, maka hal tersebut sepenuhnya menjadi kewenangan maskapai dan di luar kemampuan pihak travel agent. Kami tidak bertanggung jawab atas biaya atau resiko yang timbul akibat change flight, reschedule, delay, maupun pembatalan penerbangan dari pihak maskapai.

Bagasi Pesawat

Sama seperti tiket pesawat, Smiletrip sebagai pihak travel agent hanya membantu proses booking bagasi sesuai request peserta. Harga bagasi pesawat berbeda-beda untuk tiap maskapai dan destinasi tujuan. Harga bagasi kami sampaikan di awal sebelum booking dengan persetujuan dari peserta.

Apabila di kemudian hari terjadi kerusakan, kehilangan, atau masalah lain pada bagasi selama penerbangan, maka hal itu sepenuhnya menjadi resiko peserta.

Semua barang yang ada dalam bagasi peserta merupakan tanggung jawab masing-masing peserta. Pihak travel agent tidak bertanggung jawab atas isi bagasi peserta apabila di kemudian hari terjadi masalah di bea cukai atau imigrasi.

Syarat dan Ketentuan Trip

1. Masa berlaku paspor minimal 6 bulan dari tanggal kepulangan atau tiba di Indonesia.

2. Foto paspor peserta harus dikirimkan melalui WhatsApp paling lambat 3 (tiga) hari setelah pembayaran booking fee (tanda jadi) dan uang muka (DP).

3. Semua destinasi open trip tidak cocok atau tidak disarankan untuk peserta balita, penggunaan baby stroller, peserta usia lanjut dengan keterbatasan fisik, penggunaan kursi roda, dan wanita hamil.

4. Harga tour dapat berubah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan sebelum maupun setelah pembayaran uang muka (DP) menyesuaikan kondisi kenaikkan harga tiket pesawat, hotel, agent di luar negeri, dan nilai tukar uang .

5. Pembatalan karena force majeure sesuai kebijakan pihak airlines, hotel, penutupan bandara, deportasi, bencana alam, pandemi, dan perawatan kesehatan oleh negara atau tujuan, maka biaya paket tidak bisa dikembalikan.

6. Pembatalan trip atau perubahan jadwal oleh peserta dengan alasan apa pun (misalnya: alasan keluarga, kesehatan, ijin kerja, dll) maka uang muka (DP) atau biaya yang sudah dibayarkan tidak bisa dikembalikan (no refund).

7. Poin nomor sebelumnya (6) juga berlaku apabila peserta membatalkan atau mengganti jadwal trip atau melakukan perubahan itienerary pada saat sudah berada di destinasi tujuan. Biaya tour, hotel, dan guide tidak bisa dikembalikan (no refund) dan tidak bisa diganti ke tanggal lain (no reschedule).

8. Apabila negara tujuan mewajibkan pengurusan Visa, maka biaya pembuatan dan persyaratan Visa menjadi tanggung jawab peserta. Apabila Visa gagal atau tidak keluar, maka seluruh biaya yang sudah dibayarkan sebelum pembuatan visa (DP, tiket pesawat, hotel, dll) tidak bisa dikembalikan.

9. Pihak travel atau trip operator tidak bertanggung jawab atas:

• Kehilangan, keterlambatan, dan atau kerusakan koper atau bagasi selama penerbangan dan di bandara, di hotel, di tempat wisata, maupun saat menggunakan alat transportasi land tour (bis, mobil, perahu, dsb). Apabila terjadi kehilangan, kerusakan, dsb dari barang-barang pribadi peserta maka hal tersebut sepenuhnya menjadi resiko peserta sendiri.

• Kehilangan barang, penahanan, titipan barang, ketinggalan, barang tertukar dll, baik di airport, hotel, moda transportasi saat tour, maupun di tempat wisata.

• Biaya yang bersangkutan dengan karantina, pemogokan, force major, pandemi, banjir, kerusuhan dan bencana lainnya.

• Keterlambatan, gangguan dan kegagalan dari pihak transportasi (delay, reschedule, change flight dll) sehingga tidak dapat berangkat atau tiba di tempat tujuan pada hari atau waktu yang telah ditentukan, termasuk biaya penerbangan lanjutan maupun transit (bila ada) yang terdampak akibat delay pada penerbangan pertama.

• Kecelakaan, sakit atau gangguan kesehatan, baik yang terjadi selama perjalanan berangkat maupun pulang  dengan pesawat maupun transportasi lainnya, dan selama tour, baik pada saat city tour, di sekitar hotel, maupun destinasi wisata. Biaya pengobatan, asuransi, klinik atau rumah sakit, dll menjadi tanggung jawab peserta masing-masing.

10. Koper, tas, dan barang-barang belanjaan menjadi tanggung jawab dan bawaan peserta masing-masing selama tour. Kami tidak menyediakan jasa porter.

11. Segala bentuk kehilangan, ketinggalan, kerusakan, dsb dari barang-barang pribadi, baik di hotel, bandara, moda transportasi, restoran, dan tempat wisata menjadi tanggungan dan resiko masing-masing peserta.

12. Limit atas atau batas maksimal harga tiket pesawat yang dicover berbeda-beda tiap open trip. Pesertaw wajib melakukan pembayaran selisih biaya harga tersebut atau membatalkan booking dengan pengembalian DP sebesar 100% (full refund). Silahkan cek tiap destinasi untuk melihat limit atas dan syarat ketentuannya.

13. Peserta yang sudah membayar booking fee (tanda jadi) atau uang muka (DP) dianggap sudah membaca keseluruhan syarat dan ketentuan ini, dianggap sudah mengerti, memahami, dan menyetujui semua syarat dan ketentuan dari paket tour ini.

Single Supplement

Setiap peserta yang mendaftar hanya 1 orang, akan dikenakan biaya single supplement. Besarnya biaya berbeda-beda tergantung desintasi negara tujuan dan durasi trip.

Setiap peserta dengan tambahan biaya single supplement akan mendapatkan fasilitas 1 kamar hotel untuk 1 orang, 1 kamar kabin (apabila trip menggunakan kapal) untuk 1 orang. Fasilitas lain tetap sama mengikuti open trip yang dipilih.

Triple Room

Selain single supplement, opsi lain bagi peserta dengan jumlah ganjil adalah triple room. Satu kamar akan ditempati oleh 3 (tiga) orang.

Ketentuan Pembayaran

Pelunasan paling lambat H-30 atau 1 bulan sebelum keberangkatan. Jika belum lunas maka dianggap mengundurkan diri dan seluruh biaya yang sudah dibayarkan (DP) dianggap hangus (no refund).

Peserta yang melakukan pendaftaran kurang dari 30 hari sebelum tanggal keberangkatan maka harus langsung melakukan pelunasan.

Untuk negara yang memerlukan visa, pelunasan tidak bisa menunggu sampai visa di approve atau disetujui karena pembayaran airlines, land tour dll tidak bisa menunggu sampai visa keluar.

Ketentuan Pembatalan

Jika peserta melakukan pembatalan trip dengan alasan apapun, maka booking fee (tanda jadi) dan uang muka (DP) yang sudah dibayarkan tidak bisa dikembalikan atau dianggap hangus (no refund).

Peserta bisa melakukan ganti tanggal trip atau reschedule paling lambat 3 (tiga) bulan sebelum keberangkatan, dengan catatan masih tersedia kuota atau seat pada tanggal baru yang dipilih.

Pembatalan, Pengunduran Diri, Visa Ditolak

• Setelah pendaftaran: booking fee (tanda jadi) dan uang muka (DP) dianggap hangus atau tidak bisa dikembalikan (no refund).

• Setelah tiket pesawat di issued (diterbitkan) dan dikirimkan ke peserta, maka booking fee (tanda jadi) dan uang muka (DP) yang telah ditransfer ke Smiletrip tidak bisa dikembalikan (no refund) dan dianggap hangus.

• Kurang dari 30 hari: tidak bisa dikembalikan atau dianggap hangus (no refund).

Khusus Trip Kamboja

Semua peserta tour harus berangkat dan pulang dengan pesawat dan tanggal yang sama, untuk menghindari modus human trafficking dan penyalahgunaan visa wisata untuk kerja di Kamboja.

Imigrasi

Imigrasi negara yang dikunjungi memiliki hak untuk menerima dan menolak tamu untuk berkunjung. Apabila tamu ditolak masuk oleh imigrasi, pihak travel agent tidak bisa membantu karena sepenuhnya menjadi keputusan imigrasi negara setempat.

Seluruh biaya tour yang telah dibayar tidak bisa dikembalikan (no refund) dan biaya tambahan akibat penolakan imigrasi seperti tiket pulang, konsumsi, hotel dll menjadi tanggung jawab masing-masing peserta.

Apabila terjadi masalah di imigrasi maka hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan resiko peserta masing-masing, pihak travel agent atau tour operator tidak bisa membantu, dan tidak ada pengembalian biaya (refund) atau penjadwalan ulang (reschedule) yang diakibatkan dari masalah di imigrasi.

Visa

Berlaku untuk trip ke negara yang membutuhkan visa

Visa di approve/granted/disetujui/tidak disetujui sepenuhnya merupakan otoritas dari kedutaan negara yang bersangkutan. Pihak Travel Agent (Smiletrip) hanya membantu konsultasi persiapan dokumen visa.

Apabila visa ditolak, maka tidak ada pengembalian biaya pembuatan visa, booking fee (tanda jadi), maupun deposit tour yang sudah dibayarkan ke pihak travel agent (no refund).

Persetujuan

Peserta yang telah membayar booking fee (tanda jadi) dan deposit (DP) dianggap sudah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan ini dan tidak dapat menuntut pihak travel agent atau Smiletrip apabila terjadi hal-hal tidak diinginkan yang tercantum dalam syarat dan ketentuan ini.

Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan paket trip bisa ditanyakan ke admin melalui email info@smiletrip.id atau WhatsApp 082340907923

Paket Tour Smiletrip Asia

Smiletrip juga melayani group tour atau rombongan tour ke semua destinasi negara-negara Asia. Hubungi customer service Smiletrip di nomor WhatsApp untuk mendapatkan harga dan diskon spesial.

• Singapura
• Malaysia
• Thailand
• Kamboja
• Vietnam
• Filipina
• Hong Kong – Makau
• Taiwan
• Hainan, China
• Jepang
• Korea Selatan