Informasi dan Panduan Lengkap Sebelum Liburan ke Vietnam

Yang Perlu Disiapkan & Diperhatikan Sebelum Berangkat

1. Jangan lupa bawa paspor.

2. Cek kembali semua tiket pesawat dan voucher hotel sudah tersimpan di HP atau dicetak. Kadang petugas imigrasi menanyakan tiket pulang, itinerary, dan voucher hotel.

3. Harap tiba di bandara 3 jam sebelum keberangkatan karena harus melalui proses check-in, bagasi, dan imigrasi.

Hal-hal lain seputar Vietnam

1. Colokan listrik di Vietnam sama dengan di Indonesia.

2. Zona waktu di Vietnam sama dengan Waktu Indonesia Barat (WIB).

3. Bahasa Inggris tidak banyak dipakai di kota kecil dan desa di Vietnam. Hanya area wisata, hotel, bandara, dan tempat tertentu lainnya yang bisa bahasa Inggris.

4. Aplikasi Grab dan Gojek bisa digunakan di Vietnam.

5. Pembayaran QRIS Indonesia belum bisa digunakan di Vietnam.

6. Makanan lokal di Vietnam umumnya mie (bukan nasi) dan rasanya lebih hambar dari Indonesia (tidak banyak menggunakan bumbu-bumbu dan tidak banyak varian sambal seperti di Indonesia). Bagi yang tidak cocok, silahkan membawa bumbu kering atau sambal sendiri dari Indonesia.

7. Bagi peserta Muslim, arah kiblat di Vietnam sama dengan di Indonesia (barat).

8. Makanan halal (100% sertifikasi halal) masih belum banyak di Vietnam. Restoran halal biasanya menyajikan makanan Timur Tengah dan India (vegetarian).

9. Tempat sholat atau mushola dan tempat wudhu sangat jarang yang disiapkan khusus untuk wisatawan Muslim. Silahkan menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan setempat.

10. Vietnam bagian utara (Hanoi, Halong Bay, Sapa, dan sekitarnya) secara umum mendekati wilayah sub-tropis.
• Januari, Februari: Dingin, imbas musim dingin dari China mainland.
• Maret, April: Lebih hangat dan mulai panas
• Mei, Juni, Juli: Musim panas
• Agustus, September: Musim panas, mulai turun hujan
• Oktober, November: Musim hujan
• Desember: Peralihan ke musim dingin

11. Setir kendaraan di Vietnam adalah kiri. Jadi arah lalu lintasnya kebalikan di Indonesia. Harap diperhatikan saat naik/turun mobil atau bis wisata dan saat menyeberang jalan.

12. Traffic di Vietnam sangat ramai dan padat. Motor dan mobil sering membunyikan klakson. Hal itu normal dan biasa. Yang penting tetap waspada dan hati-hati.

13. Hotel di Vietnam umumnya tidak terlalu luas dan tidak besar. Harap diperhatikan bahwa standar bintang hotel di Vietnam berbeda dengan di Indonesia.

14. Vietnam adalah negara sosialis. Ada banyak gambar, foto, logo, dan simbol-simbol komunis (palu arit). Sebagai tamu kita wajib menghormati tuan rumah, dan sebagai warga Indonesia harap tidak membawa pulang atau memposting foto di media sosial dengan simbol-simbol komunis karena dilarang oleh hukum Indonesia.

15. Secara umum Vietnam sangat aman untuk wisata. Namun harap selalu tetap hati-hati dan menjaga barang pribadi seperti dompet, hp, dll terutama di tempat ramai.

Sim Card dan Paket Internet

1. Apabila pakai nomor Telkomsel, sebaiknya beli paket roaming Asia Tenggara.

2. Paket roaming harus diaktifkan saat masih di Indonesia, sehingga bisa langsung dipakai saat tiba di Vietnam maupun transit di Kuala Lumpur.

3. Apabila beli nomor perdana di Vietnam, rata-rata harga sekitar 250.000 – 350.000 vnd untuk masa berlaku 7 sampai 30 hari.

4. Free-wifi banyak tersedia di Vietnam, mulai dari bandara, hotel, bis wisata, cafe, resto, bahkan di kapal atau cruise Halong Bay.

Mata Uang dan Pembayaran

1. Mata uang yang digunakan untuk semua transaksi di Vietnam adalah Dong.

2. US Dollar kadang bisa digunakan hanya di beberapa tempat saja, seperti bandara.

3. Transaksi 90% menggunakan uang cash atau tunai. Jadi siapkan uang tunai secukupnya.

4. Tukar Vietnam Dong sebaiknya dilakukan saat tiba di bandara Vietnam, karena rate-nya lebih tinggi. Usahakan tukar Vietnam Dong dari mata uang yang kuat, seperti US Dolar, Dolar Singapura, dsb.

5. Beberapa penjual oleh-oleh di pasar dan kaki lima di Vietnam ada yang menerima uang Rupiah, tapi hanya terima pecahan RP 100.000 atau RP 50.000 saja.

6. Apabila melakukan tarik tunai ATM di Vietnam, maksimal sekali tarik antara 2.500.000 sampai 3.000.000 VND, dengan biaya sekali tarik sebesar 30.000 – 50.000 VND (berbeda tiap bank).

7. Pecahan nominal uang kertas di Vietnam dari yang kecil ke besar: 1000, 5000, 10.000, 20.000, 50.000, 100.000, 200.000, 500.000. Tidak ada uang koin di Vietnam.

8. Saat pulang ke Indonesia, umumnya money changer di Indonesia hanya terima pecahan besar saja (misal: 500.000 vnd). Jadi silahkan dikira-kira sendiri berapa cash Vietnam Dong yang harus disiapkan dan dihabiskan selama di Vietnam.

Apabila ada yang kurang jelas, ada yang mau ditanyakan, atau hal-hal lain seputar tour Vietnam, silahkan hubungi WA 082340907923 atau klik di sini

Terima kasih dan sampai jumpa di Vietnam bersama Smiletrip!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *